Jumat, 20 April 2012

Air Terjun di Pantai Jogan


Bila membahas tentang wisata pantai Gunungkidul memang tidak akan ada habisnnya, sebab Gunungkidul Yogyakarta terkenal dengan wisata pantainya yang memiliki keunikan dan keindahan sendiri-sendiri. Ya....kali ini yang akan kita bahas adalah Pantai Jogan Gunungkidul. Keuniakan dari pantai ini adalah, biasannya kalau air terjun dijumpai di lereng-lereng gunung, bukan dipantai, air terjun ini langsung mengalir ke pantai Jagon, dan rasa air terjunnyapun rasannya tawar. 
Suara gemercik air yang jatuh langsung kepantai akan menyuguhkan suasanan yang berbeda bila dibandingkan dengan pantai lainnya yang berada di Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Jagon terletak didekat dengan Pantai Siung yang berada di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul.
Pantai Jogan merupakan salah satu pantai yang sangat indah, namun sayang belum banyak orang yang mengenal pantai ini, disana Anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang langsung jatuh ke laut. Namun, jangan membayangkan pantai ini, dengan pantai pasir putih yang bisa Anda gunakan untuk berjemur atau sekedar bermain-main dipantai. Sebab pantai ini merupakan jenis pantai yang tidak berpasir alias langsung berbentuk tebing curam dengan ombak laut Selatan yang berdebur sangat karas dibawahnya. Inilah salah satu kekhasan pantai di Gunungkidul, yaitu hampir seluruhnnya merupakan pantai dengan karang-karang besar pemecah ombak.
Gemercik airnnya yang jatuh dari atas tebing langsung menghantam karang-karang dan bebatuan yang ada dibawahnnya. Alam sekitar pantai Jogan yang masih alami menambah suasana  yang sejuk berbanding dengan deburan ombak Laut Selatan yang menghantam karang. 
Namun jalan menuju Pantai Jogan cukup menguju adrenalin, selain berliku-liku dan naik turun, daerahnnya juga sangat sepi. Bukit kapur dan ladang-ladang penduduk akan menghiasi perjalanan Anda. Untuk mencari pantai ini sebenarnnya tidaklah sulit, Anda cukup melihat petunjuk papan arah yang mengarahkan ke Pantai Siung. Pantai ini masih berada dalam satu komplek dengan pantai siung yang terkenal dengan wall climbing-nya.

0 komentar:

Posting Komentar